[Review] Hadalabo Shirojyun Ultimate White Series

Hello fellas ~ welcome to my wordpress !

Just like the title of the post, today I’m going to review one of the brand that manufactured by Rohto Pharmaceutical. Seperti yang mungkin sebagian pembaca ketahui bahwa Rohto sendiri di Indonesia sudah cukup banyak mengeluarkan brand seperti skinaqua, lip ice, lip on lip, face on face, acnes, dan brand lain. Hadalabo adalah salah satu produk andalan rohto yang mendapat tanggapan positif dari publik Indonesia. Dengan tagline ” Hanya manfaat yang melekat”, yuk kita cek apakah tagline tersebut betul betul berlaku atau tidak.

They Said it sold 1 every 2 seconds in Japan (taken from Facebook Page of Hada Lado Indonesia, click the image to go to Hada Labo Indonesia Facebook Page)

Saya membeli starter pack hadalabo whitening series yang terdiri dari facewash, lotion dan milk seharga sekitar IDR 30 ribuan di indomaret. Selain itu saya membeli essence nya seharga sekitar IDR 40-50 Ribuan secara preloved di Group Preloved yang saya ikuti di FB (FYI, harga asli dari serum nya sendiri sekitar IDR 140 ribuan :D). Dari gambar diatas, berarti ada satu product yang saya belum punya yaitu ultimate whitening night cream, tetapi saya merasa belum butuh dan harus dicoba dulu dong starter packnya.

Left to right - Milk-Face Wash-Lotion- Essence
Left to right – Milk-Face Wash-Lotion- Essence

Step pemakaian dari produk ini adalah face wash-lotion (saya pikir ini seperti toner)-essence-milk.

Cara pemakaian rangkaian produk hada labo (sumber : Facebook Page Hadalabo Indonesia)

Berdasarkan info yang saya baca dari facebook page dan web resmi rohto, di setiap kemasan hada labo, pembaca pasti menemukan kata-kata ” Perfect x Simple”. Memang filosofi produk ini berawal dari kata “Perfect x Simple”, yaitu hanya menggunakan bahan-bahan yang dibutuhkan kulit, dan tidak memakai bahan yang tidak diperlukan, seperti pewarna, pewangi, mineral oil dll. Memang setiap produk yang saya beli itu, tidak berbau, berwarna bening atau jernih. For your information, tipe kulit saya oily. Ini membuat saya menjauhi produk pemutih karena most of whitening product membuat kulit saya berminyak dan berjerawat. Tetapi daily saya memakai night cream pemutih dari garnier dan toner whitening dari L’oreal, karena masih ada beberapa bekas jerawat yang harus saya hilangkan.

  • First Step : Face Wash
Hadalabo Whitening Facial Wash
Hadalabo Whitening Face Wash
Keterangan Produk
Keterangan Produk

What I want to share is only about my opinion. Face wash ini bertekstur padat tanpa bau dan warna. Face wash ini menurut kemasannya memiliki 3 keunggulan: (i) High Purity Arbutin :mencerahkan warna kulit dan menyamarkan noda hitam (ii)Whitening extract :mencegah warna kulit tampak kusam (iii)hyaluronic acid :melembabkan dan melembutkan kulit. Secara umum saya merasa face wash ini biasa biasa saja, tidak bersifat scrubbing dan tidak membuat kulit kering ataupun terlalu berminyak.

  • Lotion
Hadalabo Whitening Lotion
Hadalabo Whitening Lotion
Keterangan Pada Lotion
Keterangan Pada Lotion

Secara kandungan nya sama seperti face washnya. Ohiya, tutup dari lotion ini cuma tutup putar dengan lubang bukaan apertur yang cukup besar. Sedangkan isi dari lotion ini jernih dan encer seperti air. Walhasil langsung pas saya pake dan tidak hati hati isinya tumpah kemana mana. Jadi bila ingin membeli starter packnya, hati hati nya mengeluarkannya. Cara pakainya cukup ambil beberapa tetes dan ditepuk tepuk di wajah sampai meresap sebelum dilanjutkan ke penggunaan essence/milk.

  • Essence
Hadalabo ultimate whitening essence
Hadalabo ultimate whitening essence
Keterangan Produk
Keterangan Produk

Kandungannya masih sama, teksturnya lebih seperti gel yang mudah meresap. Diantara semua produknya, ini yang konsisten saya pakai setiap hari karena saya sebelumnya tidak pernah memakai serum untuk wajah di siang hari. Saya pernah mencoba serum wardah yang white secret, biasanya saya pakai hanya untuk malam hari, namun tidak ada perubahan pada wajah saya. Serum ini saya pakai sesudah memakai toner dan sebelum memakai pelembab. Hadir dalam bentuk pump, higienis dan gampang dipakai. Tidak seperti milk dan lotion pada starter pack. Teksturnya gelly dan bening.

  • Β Milk
Hada Labo Whitening Milk
Hada Labo Whitening Milk
Keterangan Produk
Keterangan Produk

Milk nya menurut saya bertindak seperti moisturizer cream. Teksturnya berwarna putih susu dan lebih kental. Dipakai setelah essence/lotion meresap sempurna pada wajah. Kekurangan pada starter pack ini adalah kemasan tutup botolnya yang membuat isi milknya mudah tumpah.

Overall Review

Saya tidak memiliki breakout ataupun gangguan selama 2 minggu menggunakan produk ini. Efek memutihkan saya kurang merasakan, tapi noda hitam memang berkurang. Rangkaian produk hadalabo ini tidak membuat kulit kering, namun sedikit “mengkilap” pada wajah saya. Eits, mengkilap disini bukan berarti buruk ya, mungkin lebih ke karena lembab. Dengan menggunakan BB Cream dan Bedak Tabur yang tepar, kesan “kilap” ini tidak terlihat.

Diantara semua jenis yang saya coba, saya mempertimbangkan untuk terus memakai serumnya. Dan again, tak ada gading yang tak retak. Kekurangan pertama yang saya highlight adalah tutup botol milk dan lotion dari starter packnya yang sukses membuat isinya tumpah kemana-mana (lotion). Dan kekurangan kedua adalah, butuh waktu sekitar 2-3 menit (bisa lebih atau kurang) untuk membuat produk meresap sempurna, mungkin untuk yang gak sabaran, agak repot kelihatannya, karena semua produk harus meresap sempurna, baru bisa diteruskan ke step selanjutnya.

How ’bout you ladies? Boleh share produk pencerah kulit favoritmu?

Salam cinta sebelum masa sibuk tiba,

Muthe

Published by

meutiafitrihasan

Meutia Fitri Hasan is a proud Indonesian, Geologist who also learn about Petroleum Engineer, Blogging since 2011, Lucky for having a good husband and a handsome son.

68 thoughts on “[Review] Hadalabo Shirojyun Ultimate White Series”

  1. Kak aku jg kulitny sm kaya kk, oily gitu. Apalagi kalo kena panas. Pasti mngkilap di daerah T gitu. Kakak cocok kn pke itu? Aku mau coba jg soalnya, πŸ™‚

    1. Halo Han Soon Hee πŸ™‚
      Alhamdulilah aku cocok kok, tapi kalau memang wajahmu berminyak banget, ya pasti minyaknya tetep ada (bawa blotting paper terus ya :))
      paling moisturizernya menurutku yg agak hati-hati, soalnya aku sempet minyakan di awal, hehehehe πŸ™‚

  2. Kak muka ku kering dan sekarang berjerawatan kira” cocok gak pake hl ? Kalopun cocok untuk yang berjerawat pake hl yang mana?

    1. Halo ridha annisa :), kalo mukamu kering, menurutku cocok pake hadalabo yang variant ultimate moisturizing, warnanya putih kalo gasalah. Kalo yg saya baca dr blogger lain, kalau sedang berjerawat sebaiknya jangan pakai produk pemutih dulu, jadi sebaiknya jangan pakai variant ultimate white series ya. Dicoba dulu aja say HL yg ultimate moisturizing yg travel pack, biar kalo ternyaata gak cocok gak kecewa2 amat πŸ™‚ semoga bermanfaat ya..

  3. hayyy nice review kak^^
    aku dari dulu pingin coba hadalabo ini, tapi umur aku masih 16 thn:( dan wajah aku gak breakout sih, tapiii… kusam bgt:( jadi bingungg, kirakira aku bagus gak yah pake hadalabo inii?

    1. Halo Chika πŸ™‚
      Waah masih 16 tahun ya? tetap dijaga ya kulitnya. Sebenernya dan sejujurnya, kalo pakai hadalabo ini memang klaimnya mencerahkan (dan saya merasakan berkurangnya noda hitam), tapi karena kulitmu ceritanya kusam, saya jadi bingung mau merekomendasikan apa. Karena menurutku kusam itu lebih ke karena sinar matahari, jadi kadang aku yg kulitnya lumayan putih pun, kalau gak pakai cc cream/sunscreen, jadi kusam. Kalau kamu memang ingin kulit jadi cerah, kakak menyarankan kamu mencoba trial kitnya Hadalabo. Namun kalau masalah kulit kusammu karena sering berkegiatan diluar, coba pakai sunscreen/UV filter. Dulu pas kakak pakai Garnier Yang Lemon Series itu sempet juga kusam (kebetulan waktu itu umur kakak dibawah 20 th). Semoga membantu ya ~

  4. Aku juga lagi coba HL yg biru kak, baru face wash nya sih blm pke lotion, kulit ku sdkit berminyak dan kering klo pke yg biru cocok ga ya kak, awal pke face wash nya sih muka kenyal n halus kak jdi seneng deh megang2 wajah hehe ^ -^

    1. Hai Azhura..
      waaah kebetulan tipe kulit kita sama nih! untungnya kalo aku cocok kok, gak bikin breakout dan gak berbau juga πŸ™‚ Selamat mencoba ya~

      1. Ok kak
        Mga wajahku jdi cerah ya kak cz kusam bangat krn ga prnh ngurusin wajah sih pdahal umur udh 20 hehe ^-^
        Cz jarang cocok sma kosmetik kak ^-^

      1. Nanya lagi dah πŸ™‚ kira2 Penggunaannya ini gak digosok sampe Berbuih kah? atau langsung diaplikasikan ke wajah , karna kebanyakan Pembersih Mesti Di gosok dulu ampe berbuih, mohon Pencerahannya ya πŸ™‚

    1. Hai Felix.. saya punya temen yang juga tipe wajahnya oily dan cowok, masalah cocok cocokan mah, tergantung sensitivitas wajah sih ya. Cuma karena cowok biasanya tipe wajahnya beda, coba tanya temen temen cowokmu yan tipe kulitnya sama ya. Kalo temen saya pribadi waktu itu memakai produk rohto yang Skinaqua, dan dia sangat puas. Hadalabo setipe lah ya sama skinaqua, bedanya skinaqua itu punya uv filter dan SPF. Nama grup nya “JUAL BELI PRELOVED MAKEUP”, kebanyakan isinya cewek sih, hehe (bahkan saya gapernah liat cowok jadi member). Kalo face wash nya si hadalabo ini gak berbuih/busa dan berbau, jadi gosoknya gaperlu sampe berbuih juga, seperlunya saja πŸ™‚
      Semoga membantu..

  5. kak.. aku baru berumur 17 th dan jenis kulitku tuh bermnyak & gampang jerawatan.. bisa rekomendasiin aku produk hada labo ga yg cocok sm kulitku, krna aku trtrik bgt buat cb produk HL ini.. apalagu ini produk kosmetiknya Jepang! ohya!! sm review hrganya y kak .. thanks before.. dtunggu balasannya

    1. Halo ananda..
      Wah umur2 segitu emang rentan ya sama minyak dan jerawat, hati2 komedo juga. Setahu saya, hadalabo sendiri (saya blom pernah dengar) belum memiliki varian untuk jerawat, buat menghilangkan bekas jerawatnya, kamu bisa pake varian yang ini. Cuma kalo jerawatnya belom ilang, mending dihilangkan dulu ya jerawatnya (dengan kosmetik khusus jerawat). Saya merekomendasikan Himalaya Neem Face Wash buat kamu karena saya sangat suka produk ini, harganya dibawah 20 ribu kok..Semoga membantu ya~

    1. Halo Aulyya..
      Dicoba dulu aja, soalnya itu cocok cocokan juga. Memang sih kalo mau maksimal pake wash sama serumnya. Cuma kadang beberapa orang suka cuma cocok sama facewash nya doang, atau sama lotion doang, dll. Jadi ya,,dicoba dulu aja ya πŸ™‚

  6. Saya hobi bgt ganti2 prawstan muka
    trs akhirnya jatuh K HL itupun kalo hb g beli lg
    trs skarang cm pake serumnya aja
    bru 2mgguan sie…kulitnya langsung halus
    tp agak mahal y…trs mau pindah k produk Korea…tp g tau masih galau jd pa enggak…soalny kalo dr harga sie mahalan hadalabo yg produk Korea itu isinya byk hargane sama kaya serumnya HL

    1. Halo Esa,
      wah untuk skincare saya sempet coba beberapa produk korea, oke kok. Menurut saya korea itu yang lebih oke lagi make upnya..:D

  7. Ass..
    Aku itu tipe berminyak, trus jerawat klw mau PMS aja,, trus cocok.nya apa?? klw beli yang paket kecil gitu di semua tempat ada gak ya? Aku kok lihat.nya yang bear terus..

  8. Hallo mb,,,,numpang nanya dunk,,q kan dlu jrawatan,trus pke obat dokter,,tp skrg q pngen brenti make obt itu,kira2 cocok g ya pke hl,,jrwat.a c uda g ada tp bekas.a bandel bgt,,..gmn nih kira2 bisa g pke hl,,yg mna yah,,,,thx…

  9. ka mau tanya, kalo pakai hl sama kita juga pakai produk lain, kiraΒ² boleh ga ya?
    aku uda cocok sama cream malam wardah ni .. .
    lainnya pakai hl πŸ™‚

    1. Hai priscilla..:D maklumlah ya tiap orang beda tipe kulit..makasih udh mampir πŸ™‚ saling mampir2an deh ya kita πŸ™‚

  10. hy kak, jd racun nih buat cobain HL, tp aku masih 16thn. Dan ada sedikit saran.. Mending pke kapas kosmetik aja buat si lotion ini, jd nya gak tumpeh2 dah πŸ˜€ btw, nice review!

    1. Halo Ely..
      Sayangnya Hadalabo tidak mengeluarkan produk khusus untuk menghilangkan komedo. Tapi semua produknya tidak menyumbat pori kok. jadi aman buat kulit berkomedo πŸ™‚

  11. halo kakak, salam kenal πŸ™‚ saya baru nyobain HL gara gara starter pack. tp yang ada cuman facewash , lotion, sama milknya doank. lumayan menghilangkan jejak hitam bekas jerawat, dan sepertinya memang kulit saya jadi engga gitu kusam lagi. saya baru pakai 1 mingguan. kayak repurchase deh bakalan sama HL ini πŸ™‚ oh yaa… pakainya mending sebelum tidur atau boleh di pagi / siang ya ? pagi saya pake bb cream, setelah wudhu rasanya mau touch up bb kok agak gimana gitu.. pengen pake HL aja.. ah maaf, saya nanyanya kepanjangan πŸ™‚

    1. Halo MrsMuhandoko ~
      Salam kenal πŸ™‚
      Ahh..gak panjang kok, saya coba jawab ya..kalau pakainya saya dulu biasanya pas sebelum tidur dan pagi/siang, habis itu kadang saya timpa pake bb cream, gak masalah kok. Wah saya kadang kalo habis wudhu malah gak touch up, soalnya kasian pori kulitnya kalo kebanyakan touch up :).
      Mending cuci muka lagi dan pakein lotion wajah aja menurut saya πŸ™‚

  12. halooo semua,, salam kenal…aku speertinya sehati dech dengan ibu bedak,, memang sih tergantung kulit masing2,,jadi kawan” ibu bedak betul, tidak semua cocok dengan 1 Product kecantikan,, tergantung jenis Kulitnya,, my name is Dzahab from bekasi , aku wanita yang termasuk mekonsumsi product dari rohto untuk wajahku,,tapi aku konsumen baru loch untuk pakai hada labo , yang aku pakai HL yang Ultimate Whitening Lotion , dan Face Washnya baru 2 item dri itu saja aku cocok bgt,, karena jenis wajahku agak sensitife dan terkadang kering, terkadang berminyak juga, duh campuran gitu,, atau karena suka ganti-ganti product ya, hemppt πŸ™ tapi apapun itu sekarang wajahku jdi keliatan lembab tiap hari, rasanya ademmm bangettt dan aku mengkilap-kilap dikit gt bagus hhe, bisa gak usah pakai bedak sekali,dan bisa jg dipakai bedak,ta[i semua aku awali pakai HL, , its right tidak ada yang instan untuk bisa wajah mnjdi putih dengan cepat,, hada labo hanya mencerahkan, tapi kalo dipakai rutin dan dirawat terus pasti cantik,, dan kelihatan putih …. dan untuk kalian guys yang memilik wajah putih walaupun kamu mempunya wajah putih tapi tidak terawat sama saja,, pasti akan kusam,, makanya banyak wanita dengan berbagai cara berburu dengan mencari yang terbaik dari ribuan produckt kecantikan untuk tampil sempurna,,untuk mempunyai wajah yang cantik memang harus mempunyai komitment yang kuat, sabar, dan harus bisa memilih produk yang tepat, tidak ada yang langsung 1-3 x pakai langsung putih ataupun cerah,,( perlu jga dirawat dri dalam dengan minum sprti aku Nourish E) oh ya Ibu bedak,, aku ingin berbagi pengalaman nc,, btw aku pakai HL itu karena pengalaman pribadi mencari P3K untuk kulit wajahku yang parah bgt,,krna mencoba pakai cream dokter klinik yang tidak cocok dg kulitku,, alhasil merah kerontang,, panas, dan gatal-gatal, alhasil aku browsing KESANA-SINI dan konsultasi jg ke dokterku,,akhirnya aku disarankan pakai salep cream betamethason 5 gr beli di apotik harganya murah bgt loch,(langsung nyess) adem bgt,, dan selama merah diwajahku blm hilang aku pakai terus, dan aku disarankan pakai HL,krn tidak mengandung bahan keras untuk wajah,tidak berbau dan tidak ada parfumenya, (hempp tambah nyess ajah dc) adem bgt, cuma 2 hari langsung normal kembali wajahku tdk merah lgi,,senang bgt dc,, terus krna takut pakai produckt kecantikan yg berbahan keras jdi aku pakai yg ringan2 saja,, HLnya terus aku pakai,, jika aku mau keluar rumah setelah pakai HL Lotion aku tambah sun Block beli di Apotik namanya Sunblock PARASOL SPF 33 harganya murah cuma 40ribuan,,(tapi belinya diapotik yang lengkap ya),,saran sih jenis kulitnya sprti aku, gak usah pakai pelembab yang pasaran – diiklan” tv itu malah buat rusak kulitku (pribadiku ya ) krn ingin instan putih gt,, hee yg ada mengelupas gak karuan hhi sereemm,,,,( tpi kembali ke jenis kulit masing-masing πŸ™‚ ) aku pribadi g mau lgi pakai yang tidak ringan kandungannya utk kulit wajah,, ( pakai HL , SUNBLOCK PARASOL cukup , paling klo aku mau ke acara pesta Pakai Cryolan foundation sedikit, lalu Bedak tabur tepuk-tepuk tipis, lalu bisa pakai bedak padat dc , yang penting diawali dg HL dan PARASOL,,amann pastinya,,,

    1. Halo Dzahab~
      ahh kita sehati deh ya, seneng deh :), Dulu ibuku juga ngasih aku parasol pas jaman saya sering panas2an. Pas saya di lapangan juga pake parasol. Bahkan kadang aku ngerasa parasol ini apa udh ditambah foundation ya, kok kayak pake foundation.

      Naaah kalo cryolan aku pernah dipakein MUA gitu, keknya memang gacocok untuk dipake tiap hari ya..asa berat gitu. Tp memang oke banget untuk dipake pas pesta. Thanks for sharing Dzahab πŸ™‚

    2. Haloo Dhazab dan Ibuu bedak *ehh.. πŸ˜€
      aku juga pake hadalabo SUWS lho sudah 3 bln lebih, dan alhamdulillah hasilnya mnurutku memuaskan bgt..heheee.
      cocok untuk kulit wajah yang cenderung kering, jadi keliatan lembab dan halus di kulit..
      dulu sih aku pake produk pemutih “P” yang sering diiklanin di tv ituu, tp sayangnya lama kelamaan nggak cocok di aku, yaa memang sih hasilnya putih, tp bikin kering banget di wajah πŸ™

      o, yaa itu beli essence nya di group HL bkn kak? pengeen beli di supermarket tp kok agak mahal yaa di kantong.. hufht

      1. Hai Hilda..
        Kalo yang “P” di wajahku sih bikin putih, tapi malah bikin tambah berminyak πŸ™
        Aku belinya di Grup “Jual Beli Preloved Make up”, emang agak bikin kantong kering kalo beli di supermarket.

  13. grupnya ada website sendiri kah? atau msuk sosmed apa? boleh bagi tipsnya kak πŸ™‚
    kakak nggak jual yaa? πŸ˜€ #ngarepbangetbeli, hehehe

  14. hai kak,
    kalau untuk kulit kombinasi (tapi kadang kering aja sampai mengelupas) itu cocoknya pakai seri yg mana ya.
    aq sering di ac, trus kl abis shalat ga suka touch up. kl cuci muka takut kering. pdhl kl mw tambah pelembab hrs bersih dulu kan wajahnya.
    dilema ya kulit kering kerontang.
    makasih kak.

      1. waaah kalo begitu mah sudah umurnya pakai anti aging, sayangnya umur saya masih 22 jadi belum terlalu mengerti produk anti aging euy. Tp saya pernah baca artikel bahwa pada basicnya, anti aging produk itu memberikan kelembaban extra, jadi menurut saya ada baiknya selalu memakai pelembab saat dibutuhkan dan tidur cukup. Semoga membantu ya πŸ™‚

        1. iy. nyesel jg waktu dulu sy males pakai sunscreen, pdhl suka kerja di lapangan. akibatnya ya kerutan halus udah mulai nongol. hiiii. mumpung msh muda, jgn malas pakai sunblock sunscreen etc.

    1. Hai hai.. wah kombinasi yaa..kamu sebaiknya sering pakai pelembab, untuk daerah yang berminyaknya pakai blotting paper aja. Kalo masalah touch up, saya juga males euy. Atau sudah coba facial spray? saya biasa pakai secret key aura mist, lumayan membantu menyegarkan wajah loooh.. Semoga membantu yaa.. πŸ™‚

      1. thanks sis. nah utk pakai pelembab kan kudu cuci muka dulu ya. iya nih ga prnh pakai blotting paper.
        facial spray pakai napca nya nuskin. emang ngebantu sih. hehe.
        tengkyuuuuu yaaa πŸ˜‰

  15. kak saya boleh bertanya kan, kalau bedak hadalabo itu bagus gak? cocok untuk semua jenis kulit gak? soalnya aku pakai bedak lain kok muka aku berminyak plus komedo kecil kecil datang di muka aku, bukan hanya di daerah T, tpi dibagian pipi juga ikut nih kak. kira kira kalau saya ganti bedak dan memakai HL nya gimana ya kak? kira kira bisa atau gak ya kak? tolong saran nya ya kak

    1. Halo Novita..
      Waduh, saya blom pernah denger hadalabo punya bedak… kalo kamu jenis kulitnya komedoan, usahakan seminggu sekali scrubbing untuk mengeluarkan komedo dan sell kulit matinya ya sayang.. HL memang tidak memiliki manfaat untuk mengurangi komedo, namun sebagai sesama penderita kulit berpori besar, HL membantu tidak memperparah keadaan komedo. Kalau kulitnya gampang komedoan, jauhi kosmetik yang menutup pori ya cantik, saya pribadi memakai acnes compact powder untuk bedak sehari hari..semoga membantu πŸ™‚

  16. halo kakak..aku mau tanya nih usia ku 20 tahundan saat ini aku lg pake produk wardah tp aku jg pengen pake HL jg yang lotion…hmm boleh nggak ya kira2 klo di campur2 gitu ??

  17. Waah kebetulan sy seneng bgt pake serum,jd tertarik essencenya hada labo yg biru ini buat menggantikan serumnya oriflame. Sbnrnya cocok pake oriflame, cm kantongnya skrg lg kering ni πŸ˜€ lagian lg ga diskon,rugi klo beli *pemburu diskon. Bs ngilangin flek hitam ya,flek hitam bekas jerawat ato age spot non? Klo bekas jerawat sy ga pny,adanya age spot *glek. Makasih infonya ya

    1. Hai mbak marina, insyaallah bisa koook..saya juga punya flek hitam bekas jerawat πŸ™‚ efek berbeda untuk tiap kulit tapinya ,hehehehe

  18. Pgn coba essencenya buat menggantikan serum oriflame yg hampir abis. Sebenarnya cocok sih pake oriflame,cuma saat ini kantong sy lagi kering πŸ˜€ lagian gak ada diskon,rugi kalo beli *pemburu diskonan. Ini bs menghilangkan flek hitam jg ya,bekas jerawat ato age spot? Klo bekas jerawat sy ga punya,yg ada age spot *glek. Utk skincare yg dipake saat ini oriflame dan kose,tp pgn nyobain serum hl yg ramah dikantong,kali bs ramah dikulit jg

  19. Kak aku berumuran 16 tahun aku pengen pake hada labo tapi seumuranku di anjurkan hada labo yg mana kak?
    Ini pakek situs web kakakku kak

    1. hai vivy yang sedang beranjak dewasa.. justru wajar banget kok kamu kalo pakai hada labo. Dulu pas seumur kamu, kakak pake “p*nds”. Alasannya mah klasik, dulu pengen putih, dan pengetahuan tentang kosmetik sehat blum terlalu ada. Cuma menyesalnya ya sekarang, kakak gapernah sadar bahwa akibatnya adalah walaupun putih, kulit kakak yg berminyak ternyata gacocok dengan formula AHA ataupun licorice. Jadi jerawatan dan komedoan. Semoga kamu lbh bijak dalam memilih kosmetik ya.. kalau memang gacocok jangan dilanjutin. πŸ™‚

    1. hai hannah, waduh kamu breakout ya? boleh tau breakout nya (menurutmu) kira2 karena apa? Karena yang namanya skincare itu cocok cocokan, takutnya kalo HL ini cocok ke saya, belum tentu cocok ke kamu juga say..

  20. Kak.. baru baca review nya ni.. baru coba hada labo shiro juga. . Wajahku juga lumayan oily tp ga jerawatan banget.. jerawatan kalo pas PMS sama kalo lupa ga bersih2 muka hehe.. TAPIIII didaerah T itu komedonya Subhanallah.. sama kayak ada merintis2 /kayak beruntusan gitu kak.. ini baru 2 hari sih pake nya belum menunjukkan gejala atau perubahan apa2.. eh tapi ada kayak bruntus dkiit banget dijidat kak.. nanyaditlateni dulu aja kali yaa..
    Aku mau nanya kak..kalo malem itu kan q pake night cream nya..belum pakai essence kak.. urutannya gimana ya kak.. ttep pake milk nggak??

  21. Hai ka,aku baru seminggu pake HL yg kyk kaka tapi cuma facewash,lotion,dan milknya. Trs malah jd tumbuh jerawat kecil2 gtu yg ada isinya,padahal sebelumnya tinggal bekas jerawatnya aja. Menurut kaka ini cocok atau engga?

    1. waaah masalah itu cuma kamu yang tau sayang.. mungkin indah lagi hormonalnya kurang bagus atau stress jg bisa jadi.. saya pernah mengalami hal yang sama saat pakai body shop..saya tahan sampe sebulan malah parah. Jadi saya stop aja..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *