Review Hotel Golden Tulip Balikpapan

** perhatian, review ini dengan biaya sendiri dan ditulis dengan sejujur-jujurnya**

**perjalanan ini dilakukan sebelum wabah Covid-19 melanda Indonesia**

Selamat Pagi, Indonesia ~

Jadi, untuk menghargai kerja keras kita tahun lalu dan sedikit beristirahat, kami sekeluarga memilih untuk berlibur ke Balikpapan. Kenapa Balikpapan? Karena pertama, kakak saya ada disana. Yup, kakak tertua saya tinggal di Balikpapan bersama keluarganya. Lalu, karena ada travel jurusan Tanjung – Balikpapan. Sebenarnya bukan travel khusus jurusan ini, melainkan jurusan aslinya adalah Muara Teweh – Balikpapan. Kebetulan aja lewat Tanjung.

Kami berencana tinggal agak lama nih, empat malam~! Lalu kami mulai search di Traveloka kira kira hotel mana yang cocok dengan kebutuhan kami yaitu Hotel Golden Tulip Balikpapan.

Mungkin beberapa orang Balikpapan kurang familier dengan Hotel Golden Tulip Balikpapan ini, karena sebenarnya mereka baru berganti nama awal tahun 2020 ini. Sebelumnya hotel ini dikenal dengan nama Aston Balikpapan. Setelah melihat youtube salah satu youtuber Balikpapan, saya baru tahu bahwa Aston sudah habis kontrak 20 tahun dengan pengelola gedung Grand Sudirman. Lalu gedung tersebut dimenangkan tendernya oleh Golden Tulip. Saya tahu ada dua Hotel Golden Tulip, Banjarmasin dan Lombok. Untuk yang Banjarmasin terlihat mewah sekali dari luar, lokasinya juga strategis didepan Duta Mall Banjarmasin. Makanya saya penasaran banget pengen nyoba Hotel Golden Tulip Balikpapan.


Lokasi

Untuk lokasi, Hotel Golden Tulip Balikpapan ini lokasi nya strategis banget sih. Terletak dekat dengan Plaza Balikpapan dan ke Pentacity ataupun BSB gak terlalu jauh. Apalagi seneng banget ke arah Pantai Kilang/Helipad juga masih terbilang deket.

Trus mau tau gak yang woow?? Walaupun masuk hotelnya agak bete karena harus jalan kaki keluar hotel, pas keluar hotel itu langsung ruko yang lumayan banyak makanan dan bahkan ada laundry. Fix langganan laundry karena bakal stay 4 malam. Lalu didepan hotelnya (masih didalam area gedung grand Sudirman) ada minimarket kecil dan ATM BNI.

Room

Salah satu yang bikin saya tertarik dengan Hotel Golden Tulip Balikpapan adalah karena dia style apartemen yang berarti, PUNYA DAPUR. Sumpah mupeng banget pas liat page traveloka nya, tapi buru buru skeptis mikir, “HALAH PALING GAK DIKASIH PANCI”.

 

Dan pas pertama masuk kamar yang saya cek ya pasti dapurnya. Kompor Induksi? Hidup, Exhaust buat asep? hidup, buka rak atas? alhamdulilah ada panci+tutupan, dua piring, dan dua pasang sendok garpu. Tepok tangan dah buat Hotel Golden Tulip Balikpapan ini kece banget buat ibu ibu Indomie kayak saya (kalo anak sih lemonilo). Ada wastafel cuci piring juga. Kulkasnya GUEDEEEEEE.. (ga santai ya gue), jadi beli mantau 10 pack juga masuk. Plis plis yang butuh nginep sekeluarga jangka panjang ini oke banget.


Fasilitas

Untuk fasilitas sendiri cukup lengkap, ada kolam renang (ukuran anak dan dewasa) ini spot favorit buat foto karena ngadep laut. Ada fitness (tapi gak nyoba), spa, dan bahkan ada shuttle ke pentacity (gak nyobain juga karena pinjem mobil kakak). Ada children playground (lumayan loh), dan gue baru sadar ada hal yang cukup krusial. Jadi pas saya nginep di Hotel Golden Tulip Balikpapan itu, ada kek gathering Bank BUMN ternama gitu, yang masuknya dari parkiran basement. Gue mikir kan ada apaan coba di basement, pas ngintip sama anak kesitu, wew.. ada semacam lapangan gitu yang ngadep ke laut dan cukup oke gitu venue kecilnya. Didekor apik gitu pula keren. Cuma justru pas gathering inilah gue baru sadar. Untuk ukuran hotel segede ini, parking lot nya cukup terbatas loh kalo ada gathering kantor semacam ini. Mana gue juga gatau kan apakah ini parkirannya nyampur sama apartemen sebelah.





Tak ada gading yang tak retak

yup, gue bakal buka bukan kekurangan hotel ini. Yang paling bisa diimprove adalah jalan dari kolam renang ke kamar mandi. Jadi kita tuh kalo berenang bener bener bisa dilihat dari resepsionis (transparan kacanya, jadi kalo ada tamu di lobby mau check ini, ga niat pun pasti ngeliat kita renang). It’s actually not a big deal but……….. Jadi kan toiletnya untuk ganti baju tuh agak turun tangga kebawah kolam renang dewasa. Jadi kalo kamu renang di kolam dewasa trus ganti baju ya gamasalah. Tetapi kolam anak nya itu disebelah kolam dewasa, dimana gaada jalan antara kolam anak ke toilet KECUALI.. Bila anda mau plastikin baju anda, taruh di atas kepala, jalan dalam air kolam dewasa, naik dari kolam dewasa lalu ke toilet. ATAU, anda lewat lobby basah basahan trus diliatin orang Ya ampun gasopan banget nih ibu. Walaupun anak saya balita kan yakali saya gantiin bajunya di depan orang.

Kedua adalah lift nya. Karena saya menginap pas low season jadi gamasalah. Jadi liftnya itu ada dua, tapi keduanya ini kapasitasnya tidak terlalu besar, bahkan salah satu lift keknya agak tua. Dan agak pelan jalannya. Jadi gue yakin ini kalo lagi rame pasti ya agak bersabar.

But so far, saya suka banget hotelnya dan semoga nanti makin bagus ya jadi kita bisa nginep lagi di Hotel Golden Tulip Balikpapan. Kalo ada yang pernah nginep boleh banget loh comment 🙂 Happy Holiday Guys!

 

 

 

Published by

meutiafitrihasan

Meutia Fitri Hasan is a proud Indonesian, Geologist who also learn about Petroleum Engineer, Blogging since 2011, Lucky for having a good husband and a handsome son.

Leave a Reply

Your email address will not be published.