Merubah FASKES BPJS Kesehatan (KIS)

Dear lovely readers,

Tidak terasa kehamilan ibu bedak sudah menginjak 4 bulan, Yippie! Tentu saja saya akan selalu menjaga kesehatan selama proses kehamilan saya ini. Namun sayang sekali saya kena flu, dan disuruh beristirahat seminggu oleh dokter dirumah.

Sebenarnya saya untuk berobat dicover oleh Perusahaan Suami dengan sistem reimburse. Sebagai catatan saya memiliki keanggotaan BPJS kesehatan namun faskes tingkat pertama saya adalah sebuah klinik di Bandung.

Apa itu FASKES tingkat pertama?

Ketika mendaftar BPJS anda akan disuruh memilih faskes tingkat pertama, sebaiknya klinik atau praktek dokter di sekitar kediaman anda. Why is it important? bila anda sakit dan mau pakai BPJS, anda tidak bisa ujug ujug langsung ke rumah sakit (kecuali gawat darurat). Anda harus ke faskes tingkat pertama dan bila menurut dokter praktek memang harus dirujuk, maka akan diberi rujukan ke RS tersebut. To be honest, di RS Islam Sukapura, antrian ini bisa dimulai dari habis subuh untuk mengambil nomor. Kabarnya RSCM lebih heboh lagi.

Nahh…ceritanya saya tidak bisa memakai BPJS saya karena faskes 1 saya bandung. Yahh, drpd mubazir, saya memilih untuk  ke kantor BPJS Kelapa Gading untuk mengurus kepindahan faskes saya (mumpung memang lagi cuti, hihihih).

Saya datang kesana pukul 11 pagi, dan antrianya?? RUAAAR BIASA :D. Kita harus ke Pak Satpam untuk meminta antrian. Beliau akan menanyakan apa keperluan kita dan apakah saya sudah membawa persyaratan yang ditentukan (Fotocopy KTP dan KK). Bila sudah, lalu dia menekan tombol antrian loket 4 (pencetakan kartu). FYI ada 4 loket tersedia, dua untuk pendaftaran PNS, Polri, TNI serta perorangan/keluarga, satu emergency (biasanya yang rawat inap, satunya lagi ya buat makhluk hidup seperti saya.

Yups..tungguan antrian about 50 antrian lagi..dengan dipotong makan siang, jadilah saya baru dipanggil jam 3 (guling2 di lantai deh gue ini). Prosesnya sih cukup cepat..tapiiii antriannya itu loh book. Belum lagi kalo ada yang persyaratan galengkap dan berusaha membujuk sang resepsionis atau yang pake cara curhat dahulu. HADEEEUUUH.

Yang terpenting sekarang saya sudah punya Kartu KIS (BPJS nya diganti) dengan faskes daerah kelapa gading. Yippie!

Published by

meutiafitrihasan

Meutia Fitri Hasan is a proud Indonesian, Geologist who also learn about Petroleum Engineer, Blogging since 2011, Lucky for having a good husband and a handsome son.

Leave a Reply

Your email address will not be published.