Dokter SPOG dan Senam Hamil di Palembang

Voilaaaa…heyho ladies,

tidak terasa sudah memasuki hari ke-4 bulan penuh berkah, Ramadhan! and yup, my babyboy is 36 weeks, and my due date is 27th of June this year. So excited .

And now, dari Mitra keluarga kelapa gading, saya akan pindah ke RS Siloam Sriwijaya. Tidak ada alasan muluk muluk kenapa memilih rumah sakit ini selain karena memang kantor suami sudah kerjasama (males ribet). Kantor suami kerjasama dengan siloam, pertamina dan hermina. Saya pribadi tinggal di daerah plaju, plaju yang deket ke jembatan ampera (bukan plaju ujung tempat tinggal saya dulu), jadi siloam udh paling deket dan dokter dokter top palembang beberapa praktek disana.

Pencarian dokter kandungan cukup pelik loh, dulu saya dengan dokter Stella Shirley, dokternya ramah dan gapernah bikin panik. Dan suami juga happy karena dokternya perempuan (naaah suami saya agak gamau dokter cowok kalo gak terpaksa), dan HPL saya kan lebaran tuh, banyak tuh kejadian temen saya pas lebaran agak susah dapet dokter atau gak dokternya pasti ganti yang standby. Kebetulan Dr Stella kan non muslim dan sang dokter bilang dia available lebaran.

Nahh di siloam ini ada dua dokter inceran saya, yaitu Dr Chandra dan Dr Monica. Dr Chandra sudah dikenal oleh ibu dan adik saya, sedangkan suami tetep kekeuh pengen dokter cewek, dan adik saya tau Dr.Monica yang notabene istri dari dosennya dikampus. Karena saya bingung saya dateng aja ke siloam dan tanya siapa yang available, dan ternyata Dr Chandra lagi gaada, dan saya jadinya dengan Dr.Monica. FYI waktu itu usia kandungan saya 34 weeks. Pikir saya, “Nahloh, emang jodohnya ama pilihan suami,”. Tapi saya pribadi sih optimist dengan diri sendiri, baik dr monic ataupun dr chandra dua duanya dipercaya oleh pihak keluarga.

Dan ternyataaa..Dr. Monic ini tipe tipe dr Stella juga. Pas masuk langsung ditanya pertanyaan singkat usia kandungan, hpht dll, dan sayapun tidak basa basi langsung bilang saya akan melahirkan di rumah sakit ini. Ketika dicek, si babyboy juga sehat dan normal baik panjang maupun beratnya. Lalu saya menanyakan apakah saya bisa berpuasa, dan dr. Monica bilang boleh boleh saja asal jangan dipaksakan.

Setelah konsultasi, saya ke kasir untuk membayar biaya konsultasi dan vitamin yang diresepkan, dan menghabiskan biaya 1 jutaan (biaya konsultasi dokter 200 rb, jasa usg 200 rb, dan obat obatan sekitar 500 ribuan).

Untuk senam hamil di RS Siloam sendiri jadwalnya setiap rabu jam 4-5 sore, dan sabtu jam 9-10 pagi. Saya sempat bertanya kepada instrukturnya, bila ingin melahirkan di siloam apa yang harus dibawa dan apa saja yang disediakan. Ternyata untuk ibu dan bayi baju sudah disediakan, paling kalau takut takut kurang boleh bawa sendiri dan untuk gurita ibu kita bawa sendiri.

Saya sempat agak panik di hari ke-2 bulan ramadhan karena setelah berbuka gerakan si bayi menurun drastis. Oleh karena itu di hari ketiga saya memutuskan untuk tidak berpuasa dan memeriksakan diri ke dokter. Dan untunglah dr monica bisa dihubungi via wa dan beliau bisa ditemui jam setengah 1 di siloam (hari itu beliau tidak ada jadwal praktek di siloam). Setelah dicek ternyata si baby alhamdulillah aman aman saja dan dr monica mengatakan wajar bila saat puasa bayi jadi berkurang geraknya. Saya pun diminta kontrol lagi tanggal 13 juni.

Jadi buat bu ibuk yang mau puasa pas hamil ya sah sah saja tapi liat keadaan ya ibu. Kalau memang dirasa tidak kuat jangan dipaksa. Disaat saya menunggu giliran saya melihat ada ibu yang hamil muda masih 3 bulan kayaknya kasian banget mual mual trus, naah yang begini mending jangan puasa dulu ya.. kalau saya pribadi mengapa masih berpuasa karena mama saya dulu juga puasa dan aman aman saja, walaupun adik saya tidak menyarankan saya puasa.  Dan kalau di palembang semua tempat makan juga tutup sampe jam 4 sore, jadi kalaupun gak puasa nyari makannya repot -.-“, tapi saya makan full kok sepanjang malam untuk mengganti jam puasa.

Sekian tulisan saya kali ini dan semoga bermanfaat 🙂

 

Published by

meutiafitrihasan

Meutia Fitri Hasan is a proud Indonesian, Geologist who also learn about Petroleum Engineer, Blogging since 2011, Lucky for having a good husband and a handsome son.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *