Diet Untuk Penderita Asam Urat dan Kolestrol (Seperti Suami Saya)

Pic Credit (Ella Olson from Pexels)

So, jadi ceritnya hasil dari MCU suami saya adalah, berat badan (masih) berlebih (so do I), kolestrol tinggi (250) dan asam urat tinggi (9, sekian sekian). Awalnya saya pikir ini karena masakan saya yang kurang betul milih menu, jadilah sayapun mengecek darah saya di kimia farma. Hasilnya? darah saya normal semua, baik gula darah, kolestrol maupun asam urat. Fix, suami saya salah makan diluar rumah.

Saya dan suami lalu menemui dokter gizi di banjarmasin untuk memperoleh informasi lanjutan. FYI, suami saya itu sedang berdiet, beratnya turun dari 96 ke 90, lumayan kan? Tetapi..lingkar perutnya menambah dan hasil darahnya lebih jelek dibanding sebelumnya. Jadi berdasarkan data tersebut dokter memberikan rekomendasi sebagai berikut,

Olahraga 30 menit sehari

Ini klise tapi sangat susah dijalankan, anda harus konsisten. Benar benar konsisten. Bukan masalah pace lari anda atau speed bersepeda anda. Melainkan harus 30 menit, gaperlu ngebut, gaperlu ngoyo. Memang hasil diskusi saya dengan teman teman saya yang fitness bilang bahwa lemak itu baru efektif terbakar setelah 30 menit. So kami beli tredmill dan berusaha konsisten olahraga tiap hari.

Jaga Makanan

Berikut list makanan yang boleh suami saya makan,

Makan Pagi : Nasi 1 centong, ayam/ikan, sayuran, telur rebus tanpa kuningnya

cemilan pagi : buah

Siang : Nasi 1 1/2 centong, sisanya sama ama yang pagi

cemilan sore : buah lagi

Malam : sama dengan pagi.

Kelihatannya simpel kan ya, tapi.. inget, sayur banyak pantangannya. Saya lihat yang boleh dimakan suami saya cuma wortel, timun, brokoli, tomat udah itu doang. Goodbye plecing kangkung, buncis ataupun taoge. Tahu tempe dan kacang-kacang lain pun dikurangi. Bosen? pasti, disinilah peran keluarga dibutuhkan. Selalu berusaha masak untuk kesehatan bersama.

Setelah beberapa minggu, suami saya cek darah lagi dan hasilnya? Kolestrol dari 250 turun ke 205, tapi asam uratnya naik dari 9 ke 10. Duh apa lagi ini, setelah saya ingat ingat saya sempat memberi suami sedikit daging merah dan tahu. Tuh, sengaruh itu loh.

Jadi teman teman, ingat tujuan utama diet itu adalah hidup sehat. Hidup sehat itu gak melulu timbangan, ada namanya kolestrol, asam urat, tensi darah dan gula darah. Daripada pakai pelangsing ada baiknya konsul ke dokter gizi untuk hasil yang lebih baik. Gak mahal kok, kosul suami hanya 200 ribuan. 🙂

Published by

meutiafitrihasan

Meutia Fitri Hasan is a proud Indonesian, Geologist who also learn about Petroleum Engineer, Blogging since 2011, Lucky for having a good husband and a handsome son.

Leave a Reply

Your email address will not be published.