Cari Uang Tambahan Tanpa Ninggalin Anak? Bisa Banget!

Selamat datang readers-ku tersayang !

Akhirnya saya berkesempatan lagi menulis dengan sedikit tenang. Kenapa saya bilang sedikit tenang? tak lain dan tak bukan adalah karena dari kemarin-kemarin saya merasa tidak tenang menulis akibat hal yang biasa kita sebut target. Yup, akhir- akhir ini saya sedang giat-giatnya bekerja dan mencari pekerjaan.

Loh, kok kerja bu? Kan ibu ceritanya Ibu Rumah Tangga yang direpotkan selalu oleh anak 1 (Epi) dan anak 2 (Zidan)?

unknown

Ya kan gak kerja kantoran juga sayang. Jadi ceritanya saya menargetkan membeli suatu produk. Namun dari awal saya bersikeras dengan sangat keras ‘Ingin Hasil Keringat Sendiri’. Bisa saya saja wa suami saya dan kasih link pembayaran shopee nya, but now i’d like to do something diferrent. Jadi, saya mencoba mencari uang dengan berbagai cara.

Cara apa yang paling mungkin? yang pasti pekerjaannya bisa dari rumah dan pekerjaan umum. Dan akhirnya saya menemukan solusi yang cukup membantu saya mendapat beberapa pekerjaan. Saya pikir ini salah satu cara yang baik untuk diikuti readers sekalian, so ini dia.

Join Ke Beberapa Situs Khusus Freelance

Bila anda googling sendiri, sesungguhnya cukup banyak situs yang menyediakan lapangan pekerjaan yang memungkinkan untuk anda kerjakan dirumah. Saya pribadi mencari pekerjaan via website Projects. Bila anda memiliki keahlian seperti translator, coding, bikin website ataupun ilustrator, sangat banyak pekerjaan menanti anda disini. Sebenarnya ada website sejenis seperti freelancer ataupun sribulancer, tapi menurut saya ini yang paling user friendly dan banyak projectsnya.

Saya suka mencari pekerjaan yang cukup mudah seperti merapikan blog/website ataupun menulis artikel yang kadar kesulitannya gak susah susah amat. Serius gak susah susah amat tapi mau tau gak apa yang bikin susah? Kalau anda salah pilih proyek ataupun klien. Anda harus benar benar membaca hati hati syarat proyeknya dan waktu deadlinenya. Beberapa proyek terkesan tidak santai, contohnya menulis 20 artikel tentang tempat wisata dalam waktu 7 hari. Dengan kemampuan menulis saya yang masih amat sangat banyak kekurangan ini saya hanya mampu paling 1 hari 1 artikel. Bukan apa-apa, kan bikin artikel harus baca bahan toh, kadang sumber bahan referensi ilmiah bagus yang dari jurnal/web berbahasa asing, ya intinya kan bikin satu artikel aja butuh usaha. Beberapa penulis memang mampu kejar tayang ikut berapa projects sekalian. But me? no! Lelah mata dan leher sumpah udah ibu-ibu.

Saya sudah pernah 3 kali dapat proyek dari website ini dan masih mencoba mencari pekerjaan lagi biar rutin. Untung ketiga proyek ini berjalan lancar begitupun pembayarannya. Pokoknya tim projects hebat banget deh. Yang paling amit amit lagi kalo kena arbitrase. Kan harapan kita ya semua lancar toh, sesuai deadline dan sesuai dengan harapan owner. Tetapi kadang ada aja yang bikin semuanya gak lancar, entah itu kita yang gak sanggup nyelesain atau owner menolak hasil kerja kita. Nah ini ada dua penyelesaian, kita yang selesaikan sendiri dengan pemilik proyek atau kita minta mediasi dengan tim admin projects. But If I’m being a project owner, I will kind of ‘careful’ if i pick someone that has been arbitrated before.

Kekurangan lain dari mencari pekerjaan via projects adalah, beberapa project owner suka nulis harga ‘bid’ nya (ibarat kata gaji buat pekerja) dengan kata-kata ‘open to suggestion). Ini bener-bener suka bikin bingung. Di awal awal saya kasih harga lumayan tinggi, namun kok gaada project saya menangkan. Pas saya coba apply kerjaan yang harganya ditetapkan sama pemberi kerja, biasanya lebih lancar walaupun ada tawar menawar. Tapi bagaimanapun sangatlah wajar kalau pemilik proyek mau mencari harga yang murah, tergantung kitanya bisa menjelaskan kualitas kerja kita sepadan atau tidak dengan bayarannya.

Mencoba Mengirim Artikel Ke Platform Online

Beberapa situs berita atau hiburan mempersilahkan pembacanya untuk berkontribusi mengisi website, yang saya sering kirim adalah brilio net. Saya memang baru empat kali mengirimkan tulisan via brilio creator dan sampai saat ini saya belum mendapatkan rewards. Brilio memiliki ketentuan bahwa tulisan terbaik dari creator akan mendapatkan rewards (saya lupa ketentuannya apakah top view atau apa, seingat saya yang terbaik tiap minggu akan mendapat komisi 300 rb dan akan ditampilkan di halaman depan brilio).

Dan yah, sebagaimana brilio, saya perhatikan artikel yang menang model model video yang “viral” ataupun “kumpulan memes of the day” gitu. Yah gabisa dikomentarin juga sih mengingat memang ciri khas brilio seperti itu. Tapi saya pribadi sepertinya tidak akan aktif aktif amat menulis di brilio karena karakter tulisan saya memang lebih bersifat informatif pengetahuan umum, dan saya kurang tertarik sama hal yang menurut saya kurang serius.

But seriously buat yang suka nulis dan suka browsing, menurut saya ini oke banget kalo dapet rewardnya, but I think this is not my type aja.

What Will I Do After This?

Saya sepertinya akan meneruskan menuliskan pekerjaan via projects dan berharap beberapa klien terdahulu menghubungi saya kembali (ngarep.com). Namun yang kepikiran adalah sepertinya saya perlu upgrade account wordpress saya untuk monetisasi. Selain monetisasi sepertinya udah kepenuhan juga drive wordpressnya dan memang harus di upgrade kalau harus nambah tulisan. Well, doakan saja ya 🙂

Published by

meutiafitrihasan

Meutia Fitri Hasan is a proud Indonesian, Geologist who also learn about Petroleum Engineer, Blogging since 2011, Lucky for having a good husband and a handsome son.

2 thoughts on “Cari Uang Tambahan Tanpa Ninggalin Anak? Bisa Banget!”

Leave a Reply

Your email address will not be published.